Muna, Anir Fikriya Nilal (2023) PROFESIONALITAS GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SERTA IMPLEMENTASINYA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (402kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (251kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) |
Abstract
Muna, Anir Fikriya Nilal. 2023. Profesionalitas Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Matematika Serta Implementasinya Pada Kurikulum Merdeka Belajar, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Burhanudin Mustofa, M. Pd. Penelitian dilaksanakan berdasarkan oleh permasalahan terkait implementasi kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka belajar yang mengharuskan guru untuk belajar sendiri dan profesional dalam mengelola kelas terutama pada pembelajaran matematika. Selain itu adanya Covid-19 yang mengakibatkan banyaknya siswa terutama kelas IV sekarang ini kesulitan dalam memahami dan mengejar materi, dikarenakan materi dalam merdeka belajar sangat kompleks terutama mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis profesionalitas guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran matematika serta implementasinya pada kurikulum merdeka belajar (2) Mengetahui kendala profesionalitas guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran matematika serta implementasinya pada kurikulum merdeka belajar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber guru kelas IV dan menggunakan teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah profesional sesuai dengan indikator kompetensi. (1) Guru dalam kompetensi pedagogik mampu merespon pertanyaan dari peserta didik, baik dengan cara langsung direspon atau tidak. (2) Guru dalam kompetensi kepribadian mempunyai kepribadian yang baik dan berwibawa ketika dalam pembelajaran. (3) Guru dalam kompetensi profesi dilihat dari cara guru melerai peserta didik saat terjadi kegaduhan di kelas. (4) Guru dalam kompetensi sosial mampu berinteraksi dengan peserta didik yang pasif di kelas, yaitu dengan mengajak peserta didik tersebut untuk sering tampil di depan. Kata Kunci: Profesionalitas Guru, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Matematika, Implementasi Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Anir Fikriya Nilal Muna |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 06:16 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 06:16 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/880 |
Actions (login required)
View Item |