PENGEMBANGAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DI MIN 1 REMBANG

Nur, Afifah (2023) PENGEMBANGAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA DI MIN 1 REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Afifah, Nur. 2023. Pengembangan Ular Tangga Sebagai Media pembelajaran Dalam Pelaksanaan Pembelajaran IPA Di MIN 1 Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing: Herman Khunaivi, M.Pd. Media memiliki peran yang sangat sentral dalam pembelajaran. Namun, fakta lapangan menunjukkan jika penggunaan media pembelajaran yang masih kurang di MIN 1 Rembang menyebabkan siswa tidak fokus dan tidak antusias dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menemukan solusi untuk mengembangkan sebuah media kreatif yang akan menarik perhatian dan antusias siswa ketika pembelajaran di kelas. Media tersebut berupa permainan ular tangga terintegrasi materi sistem pencernaan kelas V MIN 1 Rembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan ular tangga sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran IPA di MIN 1 Rembang. Penelitian ini menggunakan research and development Borg and Gall dan Sugiyono. Hasil penelitian pengembangan ini meliputi 6 tahap yaitu need analysis dengan memperoleh data melalui wawancara guru kelas yaitu Daningsih S.Pd.I, kemudian designing product menggunakan aplikasi Adobe Ilustrator, lalu expert judgements oleh dosen ahli media yaitu Herman Khunaivi M.Pd dan dosen ahli materi yaitu Syarifatul Fitri Hidayah M.Pd., dilanjutkan dengan product revisions, kemudian field test di MIN 1 Rembang dengan sampel 23 siswa dan final product of media. Hasil expert judgements menunjukkan bahwa media yang dikembangkan presentase dari ahli media sebesar 94% dengan kriteria “Sangat Layak” serta bobot kelayakan 4,6 dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan dari ahli materi mendapatkan presentase 88% dengan kriteria “Sangat Layak” serta bobot kelayakan 4,2 dengan kategori “Sangat Baik”. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa media ular tangga terintegrasi materi sistem pencernaan sangat layak diimplementasikan sebagai salah satu media pembelajaran siswa kelas V MI/SD. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ular Tangga, Sistem Pencernaan

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Nur Afifah
Date Deposited: 12 Nov 2023 03:28
Last Modified: 12 Nov 2023 03:28
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item