PENGARUH PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA KERAS DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM

Azizah, Nadia Nur (2022) PENGARUH PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA KERAS DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (604kB)

Abstract

Pembentukan karakter merupakan bentuk penanaman nilai-nilai karakter terhadap setiap individu yang dilaksanakan diberbagai jenjang pendidikan. Penerapan pembentukan karakter tidak sepenuhnya dapat terealisasi sesuai rencana, demikian yang ada di MI An-Nashriyah Lasem, khususnya karakter kerja keras dan tanggung jawab. Oleh karena itu, pembentukan kedua karakter tersebut digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis (1) Pengaruh pembentukan karakter kerja keras dan tanggung jawab terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem; (2) Pengaruh pembentukan karakter kerja keras terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem; dan (3) Pengaruh pembentukan karakter tanggung jawab terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V MI An�Nashriyah Lasem. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional ganda. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas V MI An-Nashriyah Lasem tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel sebanyak 97 siswa yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Data pada penelitian ini dihimpun melalui metode angket dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan analisis regresi linear ganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara karakter kerja keras dan tanggung jawab terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem; (2) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara karakter kerja keras terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem; dan (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara karakter tanggung jawab terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, karakter kerja keras, karakter tanggung jawab, pembelajaran tematik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 04:10
Last Modified: 01 Oct 2023 04:10
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item