IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN RISET SISWA KELAS 3 SD ISLAM UMAR HARUN

Ma’sumi, , Salma ‘Ainun (2022) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN RISET SISWA KELAS 3 SD ISLAM UMAR HARUN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB)

Abstract

Beberapa sekolah belum optimal menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran riset merupakan pembelajaran berpusat pada siswa yang jika dielaborasikan dengan model CTL, akan menciptakan pengalaman belajar bermakna. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model CTL pada kegiatan riset yang menjadi upaya pengembangan potensi siswa kelas 3 SD Islam Umar Harun. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data bersumber dari implementasi model CTL pada kegiatan riset siswa kelas 3 SD Islam Umar Harun dengan informan kepala sekolah, tim kurikulum, fasilitator dan siswa kelas 3 SD Islam Umar Harun. Data dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman. Data diuji dengan teknik wawancara dan observasi mendalam, perpanjangan kehadiran peneliti, uji keabsahan, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi model CTL pada kegiatan riset siswa kelas 3 SD Islam Umar Harun terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, refleksi dan asesmen yang juga dipadukan dengan daur belajar 5 M SD Islam Umar Harun. 2) Implementasi model CTL pada kegiatan riset menjadi upaya pengembangan potensi siswa kelas 3 SD Islam Umar Harun. Siswa mampu mengenal dirinya dengan penuh, aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, dan menunjukkan perkembangan diri. 3) Pengimplementasian model CTL pada kegiatan riset siswa kelas 3 membutuhkan waktu dan tenaga yang mendukung.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model CTL, kegiatan riset, potensi, karakteristik kelas 3 SD
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:50
Last Modified: 20 Sep 2023 00:50
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item