Siti, Maisaroh (2024) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI DAN BERNALAR KRITIS SISWA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT AVICENNA LASEM. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (690kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (540kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (629kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BIODATA.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
Abstract
Strategi pembentukan karakter yaitu usaha guru dalam membentuk kepribadian siswa yang meliputi segala hal yang ada dalam pendidikan, baik dari keteladanan guru, perilaku guru, maupun pembelajaran yang guru berikan. Dalam proses pembentukan karakter yang baik dibutuhkan strategi dan metode yang tepat. Strategi yang guru berikan di kelas IVB Avicenna dalam proses pembentukan karakter siswa menggunakan berbagai strategi yang telah guru siapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi guru dalam membentuk karakter mandiri dan bernalar kritis siswa kelas IV SDIT Avicenna dikurikulum merdeka, dan faktor penghambat pembentukan karakter mandiri dan bernalar kritis serta solusi untuk mengatasi hambatan pembentukan karakter dalam pembelajaran di kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek utama penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDIT Avicenna. Adapun objeknya adalah strategi guru dalam membentuk karakter mandiri dan bernalar kritis siswa kelas IV SDIT Avicenna pada kurikulum Merdeka, faktor penghambat pembentukan karakter mandiri dan bernalar kritis serta solusi untuk mengatasi hambatan pembentukan karakter dalam pembelajaran di kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partipasi pasif, wawancara mendalam semi terstruktur, dan dokumentasi.Data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi diuji keabsahannya dengan menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, yang melalui tahap reduksi data, penyajian data dan tahap varifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam membentuk karatker mandiri dan bernalar kritis siswa pada implikasi kurikulum Merdeka di kelas IVB SDIT Avicenna sudah terbilang baik. Pembentukan karakter diterapkan guru melalui strategi yang digunakan dan sebuah motivasi, nasihat, teguran, kegiatan rutinan serta pengintegrasian dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pengaplikasian strategi guru terdapat beberapa kendala, meski begitu Solusi tetap diuji cobakan demi mencapai hasil yang akurat, seperti jumlah siswa yang terlalu banyak dapat diatasi dengan adanya meningkatkan sosial guru kepada siswa, selalu menasehati siswa yang salah, dan meluangkan waktu kepada siswa yang sulit dalam memahami Pelajaran.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | SITI MAISAROH |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 02:29 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 02:29 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1556 |
Actions (login required)
View Item |