PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU PADA PELAKSANAAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MI TERPADU AL ANWAR SARANG

Nawal, Muhammad (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU PADA PELAKSANAAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MI TERPADU AL ANWAR SARANG. skripsi thesis, STAI AL ANWAR SARANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (145kB)

Abstract

Khoirun, M Nawal. 2024. Peran Kepala Sekolah dan Guru Pada Pelaksanaan Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di MI Terpadu AlAnwar Sarang. Pembimbing: Muhammad Jamalul Huda, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dan guru pada pelaksanaan budaya sekolah di MI Terpadu Al-Anwar Sarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah penerapan budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa di MI Terpadu Al-Anwar Sarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran kepala sekolah dan guru pada pelaksanaan budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa di MI Terpadu Al-Anwar Sarang. Adapun peran yang dilakukan kepala sekolah adalah sebagai edukator, manajer, leader, dan inovator, sedangkan guru berperan sebagai perancang pembelajaran, fasilitator dan konselor. Budaya sekolah yang telah terlaksana adalah pembacaan tadris dan asmaul husna setiap pagi, salat berjamaah, beramal (yaumiyah), dan berdoa sebelum atau sesudah pembelajaran. Kegiatan tersebut telah menanamkan karakter inti pada kepribadian siswa, yaitu karakter religius, disiplin, dan tanggung jawab. Melalui karakter religius dan disiplin yang dimiliki siswa, maka secara tidak langsung akan tumbuh sikap tanggung jawab pada diri siswa. Kata kunci: Peran kepala sekolah, peran guru, budaya sekolah , karakter siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Muhammad Nawal
Date Deposited: 26 Sep 2024 05:31
Last Modified: 26 Sep 2024 05:31
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item