KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIS GURU PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI SDI SULTAN AGUNG 4 SEMARANG

syarifah, syarifah Yanti (2024) KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIS GURU PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI SDI SULTAN AGUNG 4 SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BABB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (552kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (636kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Yanti, Syarifah. 2024. Kompetensi Profesional dan Pedagogis Guru Pada Pembelajaran IPAS Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas IV di SDI Sultan Agung 4 Semarang. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd.I. Penelitian ini didasarkan pada ciri khas guru terkait kemampuan guru dalam mengajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesional dan pedagogis yang dimiliki guru pada pembelajaran IPAS dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SDI Sultan Agung 4 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, dan siswa kelas IV B. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh guru memiliki peran dalam melancarkan proses belajar mengajar yang mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kompetensi profesional guru kelas IV B dikategorikan baik yakni guru menguasai komponen pada setiap kompetensi dalam mencapai indikator kemampuan berpikir kritis pada siswa. Begitu juga kompetensi pedagogis guru kelas IV B dikategorikan baik yang mana guru telah menguasai indikator kompetensi pedagogis dengan baik dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran. Komponen kompetensi pedagogis guru telah sesuai dalam mencapai indikator kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dilihat dalam pembelajaran di mana siswa bisa menganalisis materi pembelajaran, memecahkan masalah yang dihadapi dalam belajar, menyimpulkan pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogis, Pembelajaran IPAS, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Depositing User: Syarifah syarifah yanti
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:33
Last Modified: 09 Jul 2024 02:33
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item