Abidin, Zainal (2024) POLA ASUH GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MADRASAH IBTIDAIAH DI SARANG (Studi Perbandingan Pola Asuh Guru di Madrasah Ibtidaiah Pesisir dan Non-Pesisir Sarang). skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (592kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (569kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (645kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan temuan peneliti terhadap perbedaan karakter siswa tingkat SD/MI di daerah dataran tinggi dan pesisir. Sehingga lahir konsep pendidikan karakter yang disebut dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dengan lima nilai karakter prioritasnya yaitu religius, nasionalis, mandiri gotong royong dan integritas. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pola asuh guru kelas madrasah ibtidaiah dalam membentuk karakter siswa di kedua wilayah pesisir dan non-pesisir, serta membandingkan karakteristik siswa di kedua lembaga tersebut, yang masih ruang lingkup kecamatan Sarang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain komparatif, yaitu mendeskripsikan dan membandingkan hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti di MI Terpadu Al-Anwar (pesisir) dan MI Hidayatul Mubtadiin (non�pesisir). Sumber data penelitian berasal dari kepala madrasah, guru-siswa kelas I dan VI di kedua lembaga tersebut. Adapun metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan menggabungkan beberapa teknik pengumpulan data di antaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode komparatif standar karena peneliti selalu membandingkan kategori dengan kategori lainnya ketika menganilisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh guru dalam membentuk karakter siswa di MI Terpadu Al-Anwar dengan MI Hidayatul Mubtadiin yaitu guru kelas menggunakan pola asuh demokratis. Kemudian guru di kedua lembaga tersebut sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, diwujudkan dengan cara menjadi pendidik, pengajar dan sekaligus pembimbing siswa agar menjadi manusia yang berkarakter. Selain itu guru di kedua lembaga ini menggunakan keteladanan, nasihat, pembiasaan dan perhatian untuk membentuk karakter siswa. Adapun pola asuh guru kelas dalam membentuk karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas di MI Terpadu Al-Anwar dan MI Hidayatul Mubtadiin hanya memiliki tiga persamaan karakter dalam memberikan pola asuhnya yaitu dalam membentuk karakter religius, nasionalis dan gotong royong. Sedangkan pola asuh guru kelas yang sangat kompleks persamaannya terdapat dalam karakter religius, namun terdapat perbedaan bentuk pola asuh guru di empat karakter yaitu karakter nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Adapun karakteristik siswa di wilayah pesisir dan non-pesisir itu sama tidak ada perbedaan yang spesifik, sesuai dengan indikator yang ada dalam penguatan pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Evaluasi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Zainal Abidin |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 04:49 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 04:49 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1153 |
Actions (login required)
View Item |