PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ROLE PLAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA KELAS III SDN 02 KALIPANG SARANG

Pangestu, Aji (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ROLE PLAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA KELAS III SDN 02 KALIPANG SARANG. skripsi thesis, sekolah tinggi agama islam al anwar rembang.

[img] Text
1_HALAMAN AWAL.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
2_BAB I.pdf - Submitted Version

Download (484kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
4_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
6_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (466kB)
[img] Text
9_CURRICULUM VITAE.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)

Abstract

Pangestu, Aji. 2019. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Role Play Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Kelas III SDn 02 Kalipang Sarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi dalam proses pembelajaran siswa yang masih menggunakan metode konvensional dan kurang mengeksplor penggunaan berbagai metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis role play terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Subjek dari penelitian ini adalah kelas III SDN 02 Kalipang Sarang. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Metode analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS.15 dengan analisis parametrics dan uji Kolmogorov Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual berbasis role play memiliki pengaruh terhadap kemampuan manulis kalimat sederhana ditunjukkan dengan hasil penelitian berupa nilai rata-rata pada post-test kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 52, 86 menjadi 66, 07. Sedangkan dalam post�test kelas kontrol tidak terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 51, 48. Kata kunci: kontekstual, role play, kemampuan menulis, kalimat sederhana.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: kontekstual, role play, kemampuan menulis, kalimat sederhana.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2023 14:39
Last Modified: 10 Aug 2023 18:26
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item