Pangestu, Aji (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ROLE PLAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA KELAS III SDN 02 KALIPANG SARANG. skripsi thesis, sekolah tinggi agama islam al anwar rembang.
Text
1_HALAMAN AWAL.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
2_BAB I.pdf - Submitted Version Download (484kB) |
|
Text
3_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
4_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
|
Text
5_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
|
Text
6_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (466kB) |
|
Text
9_CURRICULUM VITAE.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
Abstract
Pangestu, Aji. 2019. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Role Play Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Kelas III SDn 02 Kalipang Sarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi dalam proses pembelajaran siswa yang masih menggunakan metode konvensional dan kurang mengeksplor penggunaan berbagai metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis role play terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Subjek dari penelitian ini adalah kelas III SDN 02 Kalipang Sarang. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Metode analisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS.15 dengan analisis parametrics dan uji Kolmogorov Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual berbasis role play memiliki pengaruh terhadap kemampuan manulis kalimat sederhana ditunjukkan dengan hasil penelitian berupa nilai rata-rata pada post-test kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 52, 86 menjadi 66, 07. Sedangkan dalam post�test kelas kontrol tidak terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 51, 48. Kata kunci: kontekstual, role play, kemampuan menulis, kalimat sederhana.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kontekstual, role play, kemampuan menulis, kalimat sederhana. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 05 Aug 2023 14:39 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 18:26 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/114 |
Actions (login required)
View Item |