Arifin, Mahmud Khoirul (2024) HUBUNGAN MINAT MEMBACA SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TUBAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar bahasa Indonesia yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah minat membaca siswa. Minat membaca masyarakat Indonesia yang masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Kurangnya minat membaca individu akan berdampak pada hasil atau prestasi belajar yang akan diperoleh nantinya. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil atau prestasi yang maksimal siswa dituntut untuk membaca untuk memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat membaca siswa, tingkat prestasi belajar bahasa Indonesia siswa dan besaran hubungan antara minat membaca siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tuban. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik angket digunakan untuk mengumpulkan data berupa minat membaca siswa. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai prestasi belajar Bahasa Indonesia dan selanjutnya dianalisa menggunakan uji statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Negeri 1 Tuban. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa yang diperoleh dari teknik sampel acak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tingkat variabel minat membaca dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa adalah kategori sedang. Adapun beberapa hasil uji menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara minat membaca dengan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Negeri 1 Tuban. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji T hitung sebesar 5,891 sedangkan T tabel adalah 2,048 dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Karena T hitung > T Tabel dan nilai sig < 0,05, maka artinya minat membaca mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Negeri |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Mahmud Khoirul |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 04:52 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 04:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1048 |
Actions (login required)
View Item |