Nur, Inayah (2024) ANALISIS KETERAMPILAN BERBAHASA ASING SISWA KELAS V PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IMLĀ’ MUHADATHAH CONVERSATION (IMC) DI MI NEGERI 1 REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (515kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Nur Inayah, 2023. Analisis Keterampilan Berbahasa Asing Siswa Kelas V Pada Pelaksanaan Pembelajaran Imlā’ Muhadathah Conversation (IMC) di MI Negeri 1 Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Keterampilan berbahasa asing pada pembelajaran IMC merupakan suatu pembelajaran muatan lokal yang dapat membentuk keterampilan siswa. Pada pembelajaran ini siswa akan mempelajari tentang percakapan dan penulisan dua kosa kata bahasa asing yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterampilan berbahasa asing, faktor pendukung dan penghambat keterampilan berbahasa asing siswa kelas V pada pelaksanaan pembelajaran IMC di MI Negeri 1 Rembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbahasa asing siswa kelas V pada pelaksanaan pembelajaran IMC yaitu siswa mampu dalam melakukan empat keterampilan dalam berbahsa Arab di antaranya yaitu keterampilan menyimak, keterampilan membaca, keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Untuk empat kontek keterampilan tersebut dapat dilakukan dengan dua pembelajaran yaitu dengan cara paktik menulis dan percakapan menggunakan kosa kata bahasa Arab. Faktor pendukung dan penghambat keterampilan berbahasa asing siswa kelas V pada pelaksanaan pembelajaran IMC yaitu memberikan kemampuan yang lebih dalam berbahasa asing melalui adanya pembelajaran percakapan dengan menggunakan kosa kata bahasa arab dan juga pembelajaran menulis arab yang bertujuan memberikan pemahaman penulisan kaidah bahasa Arab yang benar, dan untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana prasarana, kurangnya sumber daya manusia, kurangnya fasilitas dan kurangnya jam pembelajaran. Kata Kunci: Keterampilan Berbahasa Asing, Pembelajaran IMC, Siswa Kelas V
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Bahan Ajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Nur Inayah |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 07:53 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 07:53 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/944 |
Actions (login required)
View Item |