PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH REMBANG

khoirunni'mah, alfina (2023) PERSEPSI GURU KELAS TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang yaitu, terlihat dalam awal penerapan pembelajaran Kurikulum Merdeka , guru itu dituntut untuk belajar sendiri dan harus bisa mengembangkan kekreatifan dalam proses pembelajaran, selain itu dampak dari pandemi Covid-19 selama dua tahun mengakibatkan siswa kesusahan dalam memahami materi dan kesulitan mengejar target materi, sehingga guru harus mengajirinya secara bertahap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka dan juga untuk mengetahui apa hambatan serta strategi dalam menghadapi pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, meliputi kegiatan penilaian atau pendapat terhadap pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan subjek utama penelitian ini yaitu, guru kelas I dan kelas IV. Wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpuan datanya dan data yang telah didapat akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka terdapat tiga tahap, yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru kelas I dan IV sama-sama merasa kesulitan untuk menyiapkan modul ajar dan media sebelum mengajar karena memerlukan banyak waktu. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru kelas I dan IV memiliki persepsi yang sama yaitu guru merasa di pembelajaran Kurikulum Merdeka dalam hal materi lebih fokus pada materi yang esensial. Kemudian pada evaluasi pembelajaran guru kelas I dan IV sama�sama memiliki persepsi positif yaitu merasa mudah dengan dilaksanakannya kegiatan penilaian formatif dan sumatif. Pada tahap perencanaan dari persepsi guru kelas I dan IV terhadap hambatan yaitu waktu untuk membuat modul ajar, media dan belajar sendiri terkait Kurikulum Merdeka dan strateginya harus menggunakan waktu semaksimal mungkin. Kemudian di tahap pelaksanaan guru kelas IV mengalami hambatan yaitu guru harus bisa menyesuaikan siswa kelas IV dengan materi yang ada di Kurikulum Merdeka , dan strategi untuk menghadapi hambatan tersebut yaitu harus melalui pendekatan terhadap siswa dan mengajarinya secara bertahap. Sedangkan di tahap evaluasi guru kelas I dan IV sama-sama memiliki persepsi yang positif yaitu tidak ada hambatan di tahap evaluasi dan strategi untuk menghadapi hambatan tersebut juga tidak ada.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Alfina Khoirunni'mah
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:15
Last Modified: 24 Nov 2023 02:15
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item