sulistianik, tia (2023) PROBLEMATIKA PERGANTIAN KURIKULUM 2013 MENUJU KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU KELAS DI MIN 1 TUBAN. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
SULISTIANIK_BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
SULISTIANIK_BAB I.pdf Download (390kB) |
|
Text (-------�¿½---------------------2890970�885021741164091615232 Content-Disposition: form-data; name="c3_doc9529_security" validuser)
SULISTIANIK_BAB II.pdf Download (615kB) |
|
Text
SULISTIANIK_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text
SULISTIANIK_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) | Request a copy |
|
Text
SULISTIANIK_BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pergantian Kurikulum merupakan upaya pemerintah dalam mengembangkan dan memperbaiki pendidikan, seperti halnya pada Kurikulum 2013 yang berganti menjadi Kurikulum Merdeka. Pergantian Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka tersebut memunculkan banyak problematika yang dirasakan dan dialami oleh berbagai lembaga sekolah, terutama guru kelas I dan IV yang menjadi pelaksana pertama pada Kurikulum Merdeka di tahun ajaran 2022/2023. Maka, untuk dari problematika yang terjadi, diharapkan guru kelas I dan IV mempunyai beberapa strategi untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai problematika yang terjadi pada pergantian Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka beserta strategi yang digunakan oleh guru kelas I dan IV dalam menghadapi problematika yang ada di MI Negeri 1 Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini yakni berasal dari guru kelas I dan IV di MI Negeri 1 Tuban. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengujian keabsahan data dalam penelitian ini yakni dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Untuk menganalisis datanya, peneliti berlandaskan pada analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang dialami oleh guru kelas I dan IV karena pergantian Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka di MI Negeri 1 Tuban dari aspek perencanaan antara lain kesulitan pada proses penyusunan ATP dan Modul Ajar, belum bisa merancang sendiri TP pada penyusunan ATP, belum memahami pemberian kode pada penyusunan TP dalam ATP, dan belum mampu melakukan pengembangan Modul Ajar berdasarkan kriteria dalam Kurikulum Merdeka. Kemudian dari aspek pelaksanaan yaitu kurangnya pemahaman terkait pembelajaran berbasis proyek, pelaksanaan P5 belum diadakan secara maksimal, sarana dan prasana belum lengkap, pemahaman dan penguasaan teknologi dalam penyampaian pembelajaran masih kurang. Sedangkan dari aspek evaluasi yakni penurunan hasil belajar oleh peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Adapun strategi guru kelas I dan IV untuk menyelesaikan beberapa problematika tersebut antara lain mengadakan workshop sosialisasi terkait Kurikulum Merdeka dari Balai Diklat Surabaya dan Kantor Kemenag, menjalin kerja sama antarguru kelas I dan IV, mencari informasi tentang Kurikulum Merdeka dari situs online dan KKG, kepala Sekolah berusaha memenuhi sarana dan prasarana yang belum lengkap, dan mengevaluasi terkait metode pembelajaran untuk membuat hasil belajar peserta didik meningkat. Kata Kunci: Problematika, Pergantian Kurikulum, Guru Kelas
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Mrs. Sulistianik Tia |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:14 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:14 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/861 |
Actions (login required)
View Item |