Minatika, Ilfa (2023) Manajemen Kepala Sekolah dalam Mempersiapkan Guru Kelas pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (500kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (489kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka (IKM) salah satunya adalah menyiapkan guru kelas agar bisa menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan pedoman IKM. Namun masih banyak guru yang belum paham terkait pengimplementasian kurikulum merdeka. Hal ini diperlukan adanya manajemen kepala sekolah dalam mempersiapkan guru kelas pada pengimplementasian kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam mempersiapkan guru kelas pada implementasi kurikulum merdeka di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas I dan IV SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, manajemen kepala sekolah dalam mempersiapkan guru kelas pada IKM memiliki fungsi sebagai perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Directing) dan pengawasan (Controlling). Kedua, guru kelas mempunyai 3 tahap dalam penerapan kurikulum merdeka yaitu tahap perencanaan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Ketiga, Hambatan yang dialami oleh kepala sekolah berupa Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih beragam. Adapun hambatan yang dialami oleh guru kelas berupa masih ada guru yang masih buta IT atau ada yang masih gaptek (gagap teknologi), sehingga perlu diselenggarakannya pelatihan- pelatihan lebih lanjut agar guru kelas dapat memahami kurikulum merdeka lebih dalam lagi untuk diterapkan di kelasnya masing-masing.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
Depositing User: | Ilfa Minatika |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:50 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:50 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/845 |
Actions (login required)
View Item |