Arimiosa, Arimiosa (2023) Budaya Sekolah Islami Di SDI Sultan Agung 1.3 Semarang Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Implementasi Kurkulum Merdeka. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (272kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Budaya sekolah Islami tentunya melibatkan suatu organisasi yang didalamnya terdapat individu-individu yang saling berhubungan dan memiliki tujuan yang sama. Penelitian ini bertempat di SDI Sultan Agung 1.3 Semarang jalan pemuda suromenggalan 62, kelurahan bangunharjo kecamatan semarang tengah. Sebelum adanya program pofil pelajar pancasila BUSI sudah berperan aktif dan perilaku serta karakter peserta didik terbentuk dari BUSI, pelaksanaanya dilakukan melalui kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana budaya budaya Islami di SDI Sultan Agung 1.3 Semarang dalam mewujudkan profil pelajar pancasila pada implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya sekolah Islami berperan aktif sebagai perantara untuk mewujudkan profil pelajar pancasila yang nantinya di implementasikan terhadap kurikulum merdeka yang menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan zaman, dengan kurikulum merdeka, siswa tidak hanya dibentuk menjadi cerdas. Namun, juga berkarakter sesuai dengan nilai-nilai pancasila atau yang disebut sebagai wujud profil pelajar pancasila. Sebagai pelajar sepanjang hayat yang nantinya mempunyai kompetensi global dan berkarakter sesuai enam ciri profil pelajar pancasila, yaitu bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Arimosa Arimiosa |
Date Deposited: | 19 Nov 2023 08:52 |
Last Modified: | 19 Nov 2023 08:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/803 |
Actions (login required)
View Item |