Mustaqimah, Izzah (2023) Analisi Literasi Sains Melalui Pendekatan Saintifik Siswa Kelas IV SD Islam Umar Harun. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
1_HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
2_BAB I.pdf Download (599kB) |
|
Text
3_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
Text
4_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
5_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
|
Text
6_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
|
Text
8_CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
Text
9_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Mustaqimah, Izzah. 2023. Analisis Literasi Sains Melalui Pendekatan Saintifik Siswa Kelas IV SD Islam Umar Harun. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Burhanudin Mustofa, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pemahaman bahwa berliterasi sains menjadi sebuah keharusan sebab sangat erat kaitannya penguasaan sains dan teknologi. Pendekatan saintifik dipandang cocok digunakan untuk melatihkan literasi sains sebab individu dilibatkan secara aktif dalam membangun konsep, hukum, dan prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi sains melalui pendekatan saintifik siswa kelas IV SD Islam Umar Harun dan untuk menjelaskan faktor penghambat dan upaya solutif literasi sains melalui pendekatan saintifik siswa kelas IV SD Islam Umar Harun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teori milik Milles Huberman yang meliputi 3 tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV memiliki kemampuan yang baik dalam mengidentifikasi informasi ilmiah, mencari informasi dari berbagai literatur, memahami desain penelitian, membuat representasi data, memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif, serta memahami dan menginterpretasikan data kuantitatif. Adapun faktor penghambat literasi sains, yaitu kesulitan siswa dalam memilih informasi yang tepat dari berbagai sumber belajar dan kurangnya latar belakang pendidikan sains pada guru. Upaya solutif yang dapat dilakukan yaitu memberikan pelatihan kepada siswa dalam pengembangan keterampilan literasi sains dan memberikan dukungan serta pelatihan tambahan kepada guru. Kata kunci: Literasi Sains, Pendekatan Saintifik, Siswa Kelas IV
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Izzah Mustaqimah |
Date Deposited: | 19 Nov 2023 07:52 |
Last Modified: | 19 Nov 2023 07:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/790 |
Actions (login required)
View Item |