Dinina, Nurul Muqimah Izzata (2023) ANALISIS PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MAPEL PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV DI SD AL- ISLAM PENGKOL. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (608kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (540kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dinina, Nurul Muqimah Izzata Dinina. 2023. Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Pada Mapel Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV di SD Al-Islam Pengkol. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing : Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd. Penguatan profil pelajar pancasila merupakan salah satu hal yang baru dalam dunia Pendidikan. Pembelajaran berbasis penguatan profil pelajar pancasila ini mengacu pada dimensi profil pelajar pancasila menjadi kunci utamanya. Pada penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengamatan tentang implementasi penguatan profil pelajar pancasila pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi, hambatan serta dan solusi guru dalam implementasi profil pelajar pancasila pada mata pelajaran pendidikan pancasila di SD Al-Islam Pengkol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Objek dalam penelitian ini meliputi penguatan profil pelajar pancasila, kurikulum merdeka, serta mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Al-Islam Pengkol. Teknik pengumpulan data disini menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penguatan profil pelajar pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif. Dari implementasi tersebut terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh guru yaitu, 1) Siswa masih pasif dalam proses pembelajaran, 2) Siswa kurang berminat terhadap mata pelajaran, 3) Siswa terlalu aktif bergerak selama proses pembelajaran. Adapun solusi guru dalam menghadapi hambatan tersebut yaitu, 1) guru menerapkan metode pembelajaran aktif, 2) guru merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menarik, 3) guru melakukan pengelolaan kelas, 4) guru mengupayakan siswa tetap kreatif selama proses pembelajaran. Keyword : Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Nurul Muqimah Izzata Dinina |
Date Deposited: | 19 Nov 2023 02:17 |
Last Modified: | 19 Nov 2023 02:17 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/774 |
Actions (login required)
View Item |