Fitri, Saumi (2019) PROBLEMATIKA PEMBACAAN AL-WAQF AL-IBTIDĀ’ PADA ANAK-ANAK (STUDI KASUS: SEKOLAH ISLAM UMAR HARUN). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
Lampiran Awal.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I-1.pdf Download (723kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (446kB) |
Abstract
Problematika pembacaan al-Qur’an merupakan suatu masalah yang menghambat pernafasan dan mempengaruhi waqf ibtida’ pada anak-anak. Sebuah lembaga pendidikan baik formal maupun non formal tidak akan lepas dari problematika yang dihadapi. Sekolah Islam Umar Harun merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berbasis agama Islam, di Sekolah Islam Umar Harun tidak hanya memberikan pengetahuan tentang pembiasaan baca al-Qur‟an, tapi juga memberikan materi pendidikan keislaman lainnya, bahkan kegiatan keislaman menjadi ruh sekolah. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui problematika apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pembacaan al-Qur‟an di sekolah Islam Umar Harun. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian kombinasi yang bersifat deskriptif, dan lokasi penelitin ini dilakukan di sekolah Islam Umar Harun Gondan. Pengumpulan data yang digunakan antara lain dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan utuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: pelaksanaan talaqqy al-Qur’an di sekolah Islam Umar Harun setiap waktu sekolah, kegiatan dilaksanakan mulai jam 07.00 WIB-selesai. Peneliti memberi dua eksperimen surat yang pertama: surat yang pernah dibaca anak, kedua: surat yang belum pernah dibaca anak. Adapun problem yang ditemukan di Sekolah Islam Umar Harun adalah:1. 60% Anak berhenti pada kata yang seharusnya tidak baik untuk berhenti. 2. 20% anak yang kurang paham bagaimana membunyikan bacaan waqaf. 3. 20% anak yang sudah mengenal tanda waqaf tapi belum bisa mengaflikasikan dalam membaca Al-Qur’an. Dengan hasil persentase 30 % anak mampu membaca sesuai waqf ibtida’ pada referensi mushaf peneliti, 40% tahap berkembang anak dalam melakukan waqf ibtida’, 30 % anak tahap bimbingan. dengan angka ini maka ditarik kesimpulan bahwa kemampuan anak usia enam sampai tujuh tahun menerapkan waqaf diSekolah Islam Umar Harun cukup bagus.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembacaan, Al-Qur’an |
Subjects: | Al-Qur’an dan Tafsir > Ulumul Qur`an |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 15:20 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 12:18 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/77 |
Actions (login required)
View Item |