Rohmah, Mufidatur (2023) KEGIATAN KULTUM SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA KELAS VI SDN 2 WONOKERTO. skripsi thesis, STAI AL ANWAR SARANG REMBANG.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (481kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Rohmah, Mufidatur. 2023. Kegiatan Kultum Sebagai Pembentukan Karakter Percaya Diri Siswa Kelas VI SDN 2 Wonokerto. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad Jamil, Lc., M.Pd.I. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan siswa yang kurang memiliki rasa percaya diri, seperti; masih mengandalkan teman yang paling pintar dan berani berargumen di kelas, ketika diminta menyampaikan pendapat merasa kurang yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya sekolah kegiatan kultum sebagai pembentukan karakter percaya diri siswa kelas VI SDN 2 Wonokerto, serta hambatan dan tantangan guru dalam kegiatan kultum. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian berasal dari guru pembimbing kultum, siswa kelas VI SDN 2 Wonokerto dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan keimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembentukan karakter percaya diri pada kegiatan kultum melalui tiga tahapan yaitu: 1) Tahap pengetahuan, tahap ini guru memberikan bimbingan kepada siswa seminggu sebelum kegiatan berlangsung dengan menekankan pada aspek pembentukan karakter percaya diri. 2) Tahap pelaksanaan, tahap ini merupakan hasil kegiatan bimbingan kultum, dapat di lihat saat siswa menyampaikan materi. 3) Tahap pembiasaan, tahap ini merupakan perkembangan yang diperlihatkan siswa setelah sebelumnya bertugas sebagai pemateri. Dari ketiga tahap tersebut karakter percaya diri siswa terlihat serta menunjukan prestasi setelah siswa mendapat bimbingan dan bertugas sebagai pemateri kultum. Hambatan kegiatan kultum berupa faktor internal dari siswa dan faktor eksternal dari orang tua dan lingkungan. Sedangkan tantangannya adalah kurangnya kolaborasi antara guru dan orang tua dalam upaya pembentukan karakter percaya diri. Kata kunci: Kegiatan Kultum, Karakter Percaya Diri, Kelas VI.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Negeri |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Mufidatur Rohmah |
Date Deposited: | 12 Nov 2023 05:22 |
Last Modified: | 12 Nov 2023 05:22 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/734 |
Actions (login required)
View Item |