Kompetensi Kepribadian Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Avicenna Lasem

Fitriani, Lum'atul (2023) Kompetensi Kepribadian Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Mandiri Siswa Pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Avicenna Lasem. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (585kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait kepribadian guru salah satunya yaitu ketidakmampuan guru dalam mengendalikan emosi akibat stres dan kepedulian guru dalam mengayomi siswa dengan karakteristik yang beragam. Akibatnya akan memunculkan kesenjangan antara siswa berkemampuan rendah dengan siswa berkemampuan tinggi dan adanya sikap tidak percaya diri serta takut untuk berinisiatif melakukan suatu kegiatan. Alhasil siswa akan bergantung kepada orang lain dan kurang mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru kelas dalam pembentukan karakter mandiri siswa pada implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Avicenna Lasem. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian berasal dari guru kelas dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru kelas dalam membentuk karakter mandiri siswa di SDIT Avicenna Lasem sudah baik dengan melakukan serangkaian bimbingan dan keteladanan. 1) Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil membentuk karakter mandiri yaitu mampu berpikir kritis dan memiliki hasrat bersaing demi kemajuan belajarnya. 2) Memiliki kepribadian yang dewasa membentuk karakter mandiri yaitu percaya diri dengan kemampuannya dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, mampu mengontrol emosi, serta tidak merasa rendah diri dan mampu mengutarakan pendapatnya. 3) Memiliki kepribadian yang arif membentuk karakter mandiri yaitu mampu menetapkan tujuan belajar atas arahan dari guru, tidak merasa rendah diri saat berbeda pendapat dengan orang lain, dan mampu berinisiatif mengatasi masalah yang dihadapi. 4) Memiliki kepribadian yang berwibawa membentuk karakter mandiri yaitu bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. 5) Memiliki kepribadian yang berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan membentuk karakter mandiri siswa yaitu mampu mengerjakan tugas secara mandiri tanpa bergantung dengan orang lain.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Lum'atul Fitriani
Date Deposited: 12 Nov 2023 03:32
Last Modified: 12 Nov 2023 03:32
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item