Metode dan Strategi Mengajar Guru Pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang

Muyassaroh, Muyassaroh (2023) Metode dan Strategi Mengajar Guru Pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dan strategi mengajar pada implementasi Kurikulum Merdeka yang digunakan oleh guru kelas 1 A pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan guru kelas IV A pada pembelajaran IPAS di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru kelas 1 A dan IV A SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas 1 A pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi di sekitar rumah menggunakan metode diskusi, kerja kelompok dan berbasis proyek. Strategi mengajar pembelajaran Bahasa Indonesia berfokus pada pembelajaran berbasis permainan dan inquiri yang membuat suasana kelas menjadi hidup. Sedangkan guru kelas IV A di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang pada mata pelajaran IPAS materi tubuh tumbuhan dan fungsinya pada implementasi Kurikulum Merdeka menggunakan metode demonstrasi, diskusi, proyek dan eksperimen. Strategi mengajar pembelran IPAS menggunakan strategi pembelajaran kegiatan lapangan untuk mengajak siswa memahami konsep ilmu pengetahuan alam dan sosial.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: muyassaroh muyassaroh
Date Deposited: 12 Nov 2023 03:57
Last Modified: 12 Nov 2023 03:57
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item