Isnaini, Rizka Karima (2023) Kesiapan Kepala Sekolah dan Guru Kelas terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di MIN 1 Tuban. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAB I.pdf Download (553kB) |
|
Text
BAGIAN AWAL-1.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Isnaini, Rizka Karima. 2023. Kesiapan Kepala Sekolah Dan Guru Kelas Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Di MIN 1 Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar. Pembimbing: Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd. Penelitian ini dilakukan berdasarkan penerapan kurikulum merdeka pada jenjang awal yaitu kelas I dan IV, sehingga membuat sekolah MIN 1 Tuban tertarik untuk menerapkan kurikulum merdeka meskipun masih dalam tahap mandiri dan belum mendapatkan SK dari pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan kepala sekolah, guru kelas 1 dan 4 terhadap penerapan kurikulum merdeka di MIN 1 Tuban. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah dan guru kelas I dan IV MIN 1 Tuban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya kesiapan kepala sekolah dan guru kelas terhadap penerapan kurikulum merdeka di MIN 1 Tuban, meliputi empat tahap untuk kepala sekolah yaitu: 1) tahap pengelolaan peningakatan mutu pelayanan sekolah melalui kegiatan workshop, pelatihan dan diklat. 2) tahap pengelolaan supervisi dalam peningkatan mutu pelayanan sekolah menjadi acuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kendala dalam penerapan kurikulum merdeka. 3) pengelolaan kewirausahaan, kurikulum, dan budaya sekolah dilakukan untuk pengontrolan kegiatan yang ada di sekolah. 4) pengelolaan hubungan sekolah dengan masyarakat dapat membentuk kerjasama untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajar. Selain itu, lima tahapan guru kelas meliputi: 1) guru menyiapkan kelas secara efektif dan efisien dengan memberikan pertanyaan pemantik dan ice breaking. 2) guru menyiapkan perangkat pembelajaran seperti Prota, Promes, CP, ATP dan Modul ajar, 3) guru menyiapkan media pembelajaran interaktif berupa powerpoint. 4) guru menyusun evaluasi dan penilaian sumatif, formatif. 5) guru meninjau ulang materi ajar untuk mempersiapkan kebutuhan pembelajaran yang akan datang. Kata Kunci: Kesiapan Kepala Sekolah, Kesiapan Guru Kelas, Kurikulum Merdeka, Kelas I dan IV.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Rizka Karima Isnaini |
Date Deposited: | 12 Nov 2023 05:31 |
Last Modified: | 12 Nov 2023 05:31 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/693 |
Actions (login required)
View Item |