Puspita Sri, Rahayu (2023) Kegiatan Musyawarah Pada Pembelajaran PPKn Dalam Pembentukan Karakter Demokratis dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V di MIN 1 Rembang. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (514kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahayu, Puspita Sri. 2023. Kegiatan Musyawarah Pada Pembelajaran PPKn dalam Pembentukan Karakter Demokratis dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V di MIN 1 Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Al-Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M. Pd.I. Kegiatan musyawarah merupakan salah satu upaya dalam pembentukan karakter demokratis dan tanggung jawab pada pembelajaran PPKn. Pentingnya kegiatan musyawarah pada pembelajaran PPKn yaitu siswa memiliki wadah untuk bertukar pikiran, berdiskusi, mengeluarkan pendapat, saling menghargai pendapat, serta dapat memecahkan permasalahan dengan kesepakatan bersama terkait materi-materi yang dapat dikembangkan dalam kegiatan musyawarah, sehingga terkumpul data mengenai kegiatan musyawarah pada pembelajaran PPKn dalam pembentukan karakter demokratis dan tanggung jawab siswa kelas V Imla’, Muhadatsah, Conversation (IMC) di MI Negeri 1 Rembang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan musyawarah pada pembelajaran PPKn dalam pembentukan karakter demokratis dan tanggung jawab siswa kelas V Imla, Muhadatsah, Conversation (IMC) di MIN 1 Rembang; 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan musyawarah dalam pembentukan karakter demokratis dan tanggung jawab siswa kelas V Imla, Muhadatsah, Conversation (IMC) di MIN 1 Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V Imla’, Muhadatsah, Conversation (IMC). Objek data dalam penelitian ini adalah dengan kegiatan musyawarah pada pembelajaran PPKn dalam pembentukan karakter demokratis dan tanggung jawab siswa kelas V Imla’, Muhadatsah, Conversation (IMC). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan teknik analisis data menggunakan model Miles and Hurberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan musyawarah pada pembelajaran PPKn peserta didik kelas V IMC telah mencapai indikator karakter demokratis dan tanggung jawab siswa kelas V Imla’, Muhadatsah, Conversation (IMC) dengan melalui tiga tahapan pelaksanaan kegiatan musyawarah yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dalam pembentukan karakter demokratis dan tanggung jawab guru melalui tiga tahapan yaitu moral action, moral feeling, dan moral action. Faktor pendukung dan penghambat kegiatan musyawarah pada pembelajaran PPKn dalam pembentukan karakter demokratis dan tanggung jawab yaitu pendidik, peserta didik, lingkungan dan perbedaan individual. Kata Kunci: Kegiatan Musyawarah, PPKn, Karakter Demokratis, Karakter Tanggung Jawab.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Puspita Sri Rahayu |
Date Deposited: | 12 Nov 2023 05:36 |
Last Modified: | 12 Nov 2023 05:36 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/687 |
Actions (login required)
View Item |