Layyinah, Imro’atul (2022) PENDIDIKAN KARAKTER SYEKH ‘ABD AL-QᾹDIR AL-JAILᾹNY DALAM KITAB AL-FATḤ AL-RABBᾹNY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agam Islam Al-Anwar.
Text
sampul dll.pdf Download (2MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (929kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (785kB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pendidikan Kurikulum 2013 yang menekankan pendidikan karakter, salah satunya jujur. Dalam kitab Al-Fatḥ Al-Rabbāny karya Syekh ‘Abd Al-Qādir Al-Jailāny karakter jujur merupakan pokok dari karakter lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih jelas konsep pendidikan karakter jujur dalam kitab Al-Fatḥ Al-Rabbāny karya Syekh ‘Abd Al-Qādir Al Jailāny, memahami konsep pendidikan karakter jujur dalam Kurikulum 2013, dan mengetahui relevansinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif kepustakaan (library research) dengan desain deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab Al-Fatḥ Al-Rabbāny karya Syekh ‘Abd Al-Qādir Al-Jailāny dan buku Pendidikan Karakter (Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah) karya Imas Kurniasih dan Berlin Sani. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku terjemah kitab Al-Fatḥ Al-Rabbāny Syekh Abdul Qadir Jaelani Pencerahan Sufi (Fathur Rabbani) karya Syekh ‘Abd Al-Qādir Al-Jailāny, jurnal yang disusun oleh Sri Haryati Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013, serta buku atau jurnal penelitian lain. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, uji keabsahan data menggunakan uji credibility (validitas internal), dan teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Al-Fatḥ Al-Rabbāny memiliki 62 karakter salah satunya jujur. Konsep karakter jujur dalam kitab Al-Fatḥ Al- Rabbāny karya Syekh ‘Abd Al-Qādir Al Jailāny dan konsep karakter jujur dalam Kurikulum 2013 memiliki keterkaitan. Karakter jujur dalam kitab Al- Fatḥ Al-Rabbāny didasari dengan kejujuran lahir dan batin. Konsep kejujuran tersebut diperuntukkan untuk kalangan sufi. Sedangkan konsep karakter jujur dalam Kurikulum 2013 memiliki dua dasar, perkataan dan perbuatan yang diperuntukkan untuk peserta didik.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter jujur, Al-Fatḥ Al-Rabbāny, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 06:38 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 06:38 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/563 |
Actions (login required)
View Item |