PERAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT DAN KERJA SAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V DI MI AN-NASHRIYAH LASEM

Maula, Lana Ni‟matul (2022) PERAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT DAN KERJA SAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V DI MI AN-NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter bersahabat dan kerja sama siswa pada pembelajaran tematik kelas V di MI An-Nashriyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MI An-Nashriyah Lasem. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas V. Objek penelitian ini adalah peran guru dalam membentuk karakter bersabahabat dan kerja sama siswa pada pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peran guru dalam membentuk karakter bersahabat dan kerja sama siswa kelas V meliputi sebagai perancang, pengarah, pengelola, evaluator, dan konselor bagi siswa dalam pembelajaran. Upaya guru dalam menanamkan karakter tersebut dengan memberikan pembiasaan-pembiasaan, diskusi, kerja kelompok, atau tugas bersama. Faktor penghambat pembentukan karakter siswa kelas V berasal dari lingkungan. Latar belakang siswa yang berbeda, baik dari sosial, budaya, agama, letak geografis, ataupun karakter masing-masing siswa itu sendiri. Faktor pendukung pembentukan karakter pada siswa kelas V di MI An-Nashriyah adalah adanya kesadaran orangtua yang menginginkan anaknya menjadi baik, kerja sama antara guru, pembiasaan�pembiasaan baik yang dimiliki oleh anak, dan guru yang sering mengingatkan serta mengarahkan siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Bersahabat, Karakter Kerja Sama, Pembelajaran Tematik, Peran Guru
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 06:37
Last Modified: 01 Oct 2023 06:37
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item