Nasikah, Liswatil (2022) MANAJEMEN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III MIN 1 REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
Abstract
MIN 1 Rembang resmi melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 berdasarkan Surat Keputusan Kepala MIN 1 Rembang Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Masa Pandemi. PTM yang dilaksanakan dengan waktu terbatas mengharuskan setiap guru agar memanfaatkan waktu yang tersedia dengan baik, terutama dalam mengelola kelas pada kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen guru dalam pengelolaan kelas pada pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas III MIN 1 Rembang. Penelitian lapangan ini didesain dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu guru kelas III. Objek penelitian ini yaitu manajemen guru dalam pengelolaan kelas pada pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas III. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data dilaksanakan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen guru dalam pengelolaan kelas pada pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas III MIN 1 Rembang telah mengimplementasikan prinsip-prinsip dan prosedur pengelolaan kelas dengan baik. Pendekatan pengelolaaan kelas yang diterapkan oleh guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik yaitu pendekatan pluralistik. Proses manajemen yang dilakukan oleh guru pertama yaitu perencanaan, meliputi penyiapan RPP, alokasi waktu, media dan sumber belajar, serta mengupdate informasi kepada siswa. Kedua yaitu pengorganisasian, meliputi pengorganisasian model pembelajaran sesuai materi serta pengorganisasian siswa dan kelas sesuai model pembelajaran. Ketiga yaitu pelaksanaan, meliputi pendahuluan, inti, dan penutup. Keempat yaitu pengendalian, meliputi evaluasi hasil belajar, rapat koordinasi antar guru, serta supervisi kepala madrasah.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen, pembelajaran tematik, pengelolaan kelas |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 06:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 06:37 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/553 |
Actions (login required)
View Item |