Maknun, Lu’luil (2022) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MI NU TARBIYATUL WILDAN UNDAAN KUDUS. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (595kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (585kB) |
Abstract
Kepala madrasah yang memiliki manajemen yang baik akan meningkatkan kinerja guru. Apabila kinerja guru meningkat maka mutu pendidikan pun meningkat pula. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di MI NU Tarbiyatul Wildan Undaan Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan prosedur analisis data kualitatif Miles dan Huberman yaitu dimulai dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen madrasah yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MI NU Tarbiyatul Wildan Undaan Kudus sudah cukup baik. Proses manajemen tersebut dilakukan dengan serangkaian proses di antaranya yaitu: 1) Merencanakan program madrasah yang akan dicapai; 2) Mengorganisasikan yang di dalamnya mencakup pengelolaan fasilitas dan sarana prasarana madrasah, kurikulum madrasah, pengelolaan keuangan, dan pengelolaan peserta didik; 3) Memimpin guru dan staf madrasah dengan membagikan tugas dan tanggung jawab kepada mereka sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru; 4) Mengawasi atau mengendalikan kinerja guru dengan melakukan monitoring, rapat evaluasi akhir tahun, dan mengikutkan guru dalam berbagai macam kegiatan seminar, workshop, pelatihan, serta menerapkan kedisiplinan. Seluruh guru yang mengajar di MI NU Tarbiyatul Wildan Undaan Kudus memiliki kinerja yang baik dan memenuhi kualifikasi sebagai pendidik. Guru-guru tersebut mampu menyusun perangkat pembelajaran dengan baik. Sebagian besar guru di MI NU Tarbiyatul Wildan Undaan Kudus mampu mengelola proses pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran serta fasilitas madrasah sehingga dapat menumbuhkan semangat belajar siswa selama proses pembelajaran, meskipun masih terdapat beberapa guru yang masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kepala madrasah, Kinerja guru. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 06:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 06:37 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/552 |
Actions (login required)
View Item |