ANALISIS KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 DAN 4 MI ISLAMIYAH SYAFIIYAH GANDRIROJO SEDAN

Wakhidah, Ma‟rifatul (2022) ANALISIS KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 DAN 4 MI ISLAMIYAH SYAFIIYAH GANDRIROJO SEDAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB)

Abstract

Fenomena kejenuhan belajar yang terjadi selama kegiatan pembelajaran menjadi hal yang perlu untuk dikaji lebih lanjut. Pasalnya, kejenuhan belajar akan mengakibatkan siswa mengalami penurunan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kejenuhan belajar siswa kelas 3 dan 4 MI Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo Sedan pada pembelajaran tematik serta mengetahui faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar tersebut. kejenuhan belajar yakni keadaan penuh dimana siswa merasa kegiatan yang dilakukan sia-sia. Jenis penelitian adalah Field Research yaitu penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yakni memakai model Miles dan Huberman yang melalui tiga proses yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kejenuhan belajar yang terjadi di kelas 3 dan 4 MI Islamiyah Syafiiyah yakni kejenuhan mental. Siswa mengalami kejenuhan dan merespon kejenuhan tersebut dengan melakukan kegiatan lain di dalam kelas. Contoh dari respon atas kejenuhan belajar tersebut seperti mengobrol dengan teman, memainkan alat tulis, melipat kertas, dan bermain sendiri. Faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar yakni metode pembelajaran yang kurang menarik, tata ruang kelas yang tidak pernah berubah, dan kurangnya pemberian motivasi guru pada siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan Belajara, Pembelajaran Tematik, Peserta Didik Kelas 3 dan 4
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 06:37
Last Modified: 01 Oct 2023 06:37
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item