PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI MI ISLAMIYAH BANIN SENORI TUBAN

Robiya, Miska (2022) PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI MI ISLAMIYAH BANIN SENORI TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPPUL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Terjadinya penurunan karakter peduli sosial di sekitar lingkungan sekolah, seperti sikap acuh, suka berkelahi, gaduh dalam pelajaran, memilih saat berteman dan sebagainya membuat MI Islamiyah Banin Senori Tuban menanamkan beberapa program pendidikan karakter peduli sosial sebagai upaya mengatasi problematika pendidikan karakter peduli sosia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika dan upaya guru dalam menanamkan pendidikan karakter peduli sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di kelas IV MI Islamiyah Banin Senori Tuban. Teknik pengumpulan data megunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi data. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teori Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) problematika yang dihadapi yaitu: (a) siswa belum menyadari akan pentingnya peduli sosial, (b) kurangnya kepekaan antar siswa (c) saling mengejek (d) lingkungan luar sekolah. (2) Solusi yang diberikan guru dalam mengatasi problematika pendidikan karakter peduli sosial melalui penanaman pendidikan karakter peduli sosial seperti: (a) kegiatan yaumiyah (b) kegiatan yang bersifat spontan (c) Integrasi ke dalam mata pelajaran (d) Keteladanan/Modeling (e) pembuatan kelompok belajar (f) menegur dan memerintah untuk berdamai (g) menjalin komunikasi dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: problematika, upaya, penanaman, karakter peduli sosial
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 06:37
Last Modified: 01 Oct 2023 06:37
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item