ANALISIS KOMPARATIF PENCAPAIAN SEKOLAH TERAKREDITASI A DI MI NEGERI DAN MI SWASTA

Ummat, Nahdliyatul (2022) ANALISIS KOMPARATIF PENCAPAIAN SEKOLAH TERAKREDITASI A DI MI NEGERI DAN MI SWASTA. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (701kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena akreditasi ini sangat penting untuk keberlangsungan lembaga itu sendiri, salah satunya untuk menjamin kualitas dan mutu dari lulusan tersebut. Di kabupaten Rembang dari 48 sekolah dasar hanya ada 6 sekolah yang baru terakreditasi A dan secara keseluruhan terakeditasi B. Penelitian ini bertujuan untuk; Mendeskripsikan proses pencapaian peringkat sekolah akreditasi A di MI Negeri ( MIN 1 Rembang ) dan MI Swasta (MI An�Nasriyah Lasem); Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan terhadap nilai pencapaian akreditasi sekolah A di MI Negeri dan MI Swasta. Jenis peneitian ini adalah penelitian lapangan dengan desain kualitatif komparatif. Sumber data penelitian ini berasal dari kepala sekolah, Guru Waka Kurikulum, Guru Kelas dari MIN 1 Rembang dan MI An-Nashriyah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabasahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis yang dalam penelitian ini menggunakan milik Miles dan Huberman meliputi; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam penilaian standar akreditasi sekolah baik sekolah negeri maupun swasta, penilaian berdasarkan dengan fakta lapangan. Skors pada 3 standar akreditasi di MIN 1 Rembang memiliki skors yang lebih tinggi dibandingkan dengan MI An�Nashriyah. Kurikulum yang dipakai oleh kedua tersebut sama-sama menggunakan Kurikulum 2013 dengan mangacu pada KMA 184. Nilai KKM Tersebut memeiliki perbedaan. Kedua sekolah tersebut sama-sama memiliki ciri khas serta keunggulan di bidang baik akademik maupun non akademik. Pendidik yang bersertifikasi di MIN 1 Rembang lebih banyak dibandingkan di MI An-Nashriyah. Pengelolaan kelas di MIN 1 Rembang sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan, sedangkan di MI An-Nashriyah masih ada beberapa yang melebihi standar yang telah ditentukan

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akreditasi Sekolah, Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pengelolaan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 04:10
Last Modified: 01 Oct 2023 04:10
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item