PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH TAHUN AJARAN 2019/2020

Ardiyant, Siti Wiwik (2022) PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (753kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pembelajaran pada kelas V SDI An-Nawawiyyah yang masih tergolong konvensional sehingga pembelajaran menjadi relatif membosankan dan relatif kurang menggugah motivasi belajar siswa. Maka dari itu perlu model pembelajaran yang kreatif serta menyenangkan yang diharapkan dapat membuat siswa bersemangat dalam pembelajaran tematik. Model picture and picture dapat dibilang kreatif karena menggunakan gambar sebagai media pembelajaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain yaitu one group pretest posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V A dan V B yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah anilisis deskriptif dan uji mann whitney. Hasil tes kuesioner/angket diperoleh output statistik bahwa nilai Asymp.sig (2- tailed) sebesar 0,977 > 0,05 maka Hₒ diterima. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran picture and picture tidak signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedangkan hasil tes diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 88,50 dan kelas kontrol 68,00. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diolah menggunakan SPSS diperoleh nilai Asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Hₒ ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDI An-Nawawiyyah tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Picture and Picture, Pembelajaran Tematik, Motivasi, Hasil Belajar dan Siswa Kelas V
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:53
Last Modified: 26 Sep 2023 05:53
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item