PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MI AL-FALAH SLUKE TAHUN AJARAN 2020/2021

Hidayah, Siti Maftuhatu (2021) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI MI AL-FALAH SLUKE TAHUN AJARAN 2020/2021. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi terjadinya penyimpangan antara kemampuan yang sebenarnya dimiliki dengan prestasi yang ditunjukkan. Pembelajaran daring memanfaatkan jaringan internet dalam proses belajar, siswa tetap dapat berinteraksi dengan guru menggunakan aplikasi seperti classroom, telepon atau live chat, zoom maupun melalui whatsapp grup. Kesulitan belajar daring yang dialami siswa dikarenakan teknologi yang kurang memadai, siswa yang belum mempunyai handphone android, kendala jaringan internet, kurang faham tugas yang diberikan, dan suasana yang kurang kondusif saat belajar di rumah. Maka dari itu, peran guru sangatlah penting dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring di MI Al-Falah Sluke tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring di MI Al-Falah dan peran guru dalam mengatasinya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Wujud data penelitian ini adalah peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring di MI Al-Falah Sluke. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas IV, dan guru kelas V MI Al-Falah Sluke. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran daring yaitu pertama, peran guru sebagai pembimbing yang membimbing siswa dalam memahami materi pembelajaran dan mengatasi kesulitan yang terjadi pada siswa. Kedua, peran guru sebagai fasilitator yang memfasilitasi siswa dengan menggunakan metode yang sesuai dan media yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Ketiga, peran guru sebagai motivator guna menumbuhkan kembali semangat dalam diri siswa yang merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Keempat, peran guru sebagai pendidik yaitu menekankan tugas dalam merencanakan dan melaksanakan peendidikan. Kelima, peran guru sebagai evaluator untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa mengenai materi pembelajaran yang telah dilaksankan dan sebagai bahan koreksi guru mengenai kesulitan siswa dalam mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kesulitan Belajar Siswa, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:53
Last Modified: 26 Sep 2023 05:53
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item