Nurhadi, Nurhadi (2021) KESESUAIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB NAṢĀIḤ AL ‘IBĀD KARYA SYEKH NAWAWI AL-BANTANI DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (888kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena bahwa Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menekankan pendidikan karakter dan fakta bahwa Pendidikan karakter sejak dulu telah diajarkan oleh ulama, seperti contoh Pendidikan karakter pada kitab Naṣāiḥ al „Ibād karya syekh Nawawi al-Bantani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Naṣāiḥ al „Ibād karya syekh Nawawi al-Bantani dan Kurikulum 2013, serta mengetahui kesesuaian nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Naṣāiḥ al „Ibād karya syekh Nawawi al-Bantani terhadap pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan model deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Naṣāiḥ al „Ibād karya syekh Nawawi al-Bantani, terjemah kitab Naṣōihul „Ibād karya Solihin. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku biografi syekh Nawawi bin Umar al�Bantani, jurnal tentang pendidikan karakter karya Hartono. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan diskusi dengan pakar, uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah kitab Naṣāiḥ al „Ibād karya syekh Nawawi al-Bantani memiliki sepuluh bab yang mengandung tiga aspek pokok, yaitu: aspek spiritual tentang kewajiban terhadap Allah; aspek sosial yang berisi tentang nasihat-nasihat agar membahagiakan orang yang kesusahan, menolong orang dari kedzaliman, berbuat baik kepada tetangga, menghormati orang yang lebih tua dan memberi makan orang yang kelaparan dan aspek personal yang berisi karakter cinta damai, jujur, demokratis, rasa ingin tahu, toleransi dan mandiri. Kitab tersebut sesuai dengan delapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013, yakni nilai religius, peduli sosial, jujur, demokratis, toleransi, rasa ingin tahu, cinta damai dan mandiri
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Naṣāiḥ al „Ibād, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:53 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:53 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/523 |
Actions (login required)
View Item |