Damayanti, Elsa (2022) ANALISIS BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI MI NEGERI 1 KOTA MADIUN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
Abstrak Skripsi Elsa Damayanti.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (597kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (572kB) |
|
Text
SAMPUL DLL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Damayanti, Elsa. 2022. Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia di MI Negeri 1 Kota Madiun. Skripsi. Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, S.S., M.Pd. Bahan ajar menjadi komponen penting dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Kelebihan serta kekurangan dari bahan ajar yang telah digunakan dapat diketahui setelah dianalisis dengan kriteria- kriteria yang tertentu yang harus terpenuhi dalam sebuah bahan ajar. Bahan ajar yang dianalisis dapat berupa bahan ajar cetak maupun noncetak sebagai pedoman dan pendamping belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil analisis bahan ajar cetak dapat digunakan sebagai acuan tindak lanjut penggunaan bahan ajar di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penilaian bahan ajar Bahasa Indonesia di MI Negeri 1 kota Madiun. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Tempat penelitian adalah MI Negeri Kota Madiun. Wujud datanya adalah kegiatan analisis bahan ajar cetak Bahasa Indonesia di kelas V B. Sumber data adalah guru kelas V B dan Wakakurikulum. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubberman. Uji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan rujukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis bahan ajar cetak dilakukan dengan dengan beberapa tahap yaitu kajian dari guru mata pelajaran, evaluasi siswa, rapat KKG dan validasi dari tim ahli bahan ajar cetak. Aspek-aspek atau kriteria-kriteria penilaian dari bahan ajar cetak adalah aspek kelayakan isi materi, kelayakan penyajian materi, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan yang sesuai dengan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Penilaian kelayakan buku paket telah divalidasi oleh tiga orang yang ahli dalam bidang materi dan tiga orang yang ahli dalam media bahan ajar cetak. Menurut tim validasi buku paket yang sekarang digunakan di kelas V B layak sebagai pendamping belajar siswa. Muatan materi, penyajian dan segi kegrafikan buku paket Bahasa Indonesia sudah sesuai dengan Kompetensi Dasar karena mengacu kepada BNSP. Bahan ajar cetak yang baik dan sudah sesuai akan tetap digunakan untuk tahun ajaran berikutnya disesuaikan dengan kurikulum. Adapun bahan ajar cetak yang kurang sesuai akan diganti dengan bahan ajar cetak yang lebih sesuai dengan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Bahan Ajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:52 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/520 |
Actions (login required)
View Item |