Syirfa, Milkhatin (2022) STRATEGI HOME VISITING PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS SDN 01 NGLUNGGER, KAB. BLORA). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kejadian yang dialami oleh dunia pendidikan di daerah pedesaan pada masa pandemi khususnya di SDN 01 Nglungger Kab. Blora, yaitu rata-rata peserta didik tidak memiliki akses untuk melakukan pembelajaran daring (dalam jaringan), dan kurangnya pengetahuan ilmu teknologi dan pengalaman orang tua peserta didik. Akibatnya peserta didik tidak dapat menerima pembelajaran dari rumah. Penggunaan strategi home visiting dapat membantu peserta didik menerima pembelajaran pada masa pandemi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan melakukan strategi home visiting pada pembelajaran daring dapat mempermudah belajar peserta didik, dan untuk mengetahui sejauh mana strategi home visiting yang dilakukan oleh SDN 01 Nglungger. Jenis dan pendekatan penelitian berupa kualitatif deskriptif. Data penelitian ini adalah strategi pembelajaran dan strategi home visiting yang digunakan pada masa pandemi di SDN 01 Nglungger Kab. Blora. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas III, wali murid peserta didik kelas III, dan peserta didik kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi home visiting pada Pembelajaran daring di masa pandemi studi kasus SDN 01 Nglungger Kab. Blora dilaksanakan setiap hari bertempat di rumah peserta didik. Kegiatan dimulai dari pukul 08:00 s/d 10:00 WIB, diawali dengan persiapan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan. Strategi home visiting dapat membantu peserta didik maupun orang tua peserta didik dalam memahami pembelajaran di masa pandemi.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Home Visiting, Pembelajaran, Daring |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:52 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/519 |
Actions (login required)
View Item |