PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA JAWA RAGAM KRAMA INGGIL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT/KOMUNIKATIF KELAS V MI AN NASHRIYAH LASEM REMBANG

Fadlillah, Berliana Lailil (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA JAWA RAGAM KRAMA INGGIL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT/KOMUNIKATIF KELAS V MI AN NASHRIYAH LASEM REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI BERLIANA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB)
[img] Text
SAMPUL DLL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fadlillah, Berliana Lailil. 2022. Pengaruh Pembelajaran Bahasa Jawa Ragam Krama Inggil Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V MI An Nashriyah Lasem Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing: Fitri Febriyanti, S.S.MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Bahasa Jawa ragam krama inggil terhadap pembentukan karakter bersahabat/komunikatif di kelas V MI An Nashriyah Lasem Rembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di MI An Nashriyah Lasem, Rembang tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 129 siswa dan untuk sampel yang diambil berjumlah 97 siswa dengan teknik pengambilan sampel secara acak atau probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan dua uji yaitu uji asumsi klasik atau uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Bahasa Jawa ragam krama inggil berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter bersahabat/komunikatif. Hasil tersebut dibuktikan dengan hasil hipotesis uji t yang diketahui bahwa nilai > atau 7,077 > 1,985 dan nilai sig. 0,000 < 0,05, sehingga ditolak dan diterima. Adapun pembelajaran Bahasa Jawa ragam krama inggil mempengaruhi pembentukan karakter bersahabat/komunikatif sebesar 34,8%. Namun, dalam pengaplikasian karakter tersebut terdapat beberapa kendala baik intern maupun ekstern. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Jawa ragam krama inggil, pembentukan karakter bersahabat/komunikatif, siswa kelas V.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Jawa ragam krama inggil, pembentukan karakter bersahabat/komunikatif, siswa kelas V.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:52
Last Modified: 26 Sep 2023 05:52
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item