Sa’adah, Lailatus (2021) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN JUJUR SISWA KELAS V MI ULUMIYAH KEBONHARJO. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (843kB) |
Abstract
Peran guru dalam dunia pendidikan tidak hanya menyampaikan materi yang ada pada buku pembelajaran, akan tetapi peran guru yaitu mendidik, mengajar, pelatih, penasihat, serta menjadi teladan bagi siswa. Karakter disiplin dan jujur termasuk karakter yang termuat dalam kurikulum 13 dan penting bagi siswa, karena kedisiplinan dapat membentuk kepribadian siswa menjadi lebih terarah dan memiliki akhlak yang mulia serta hidup sesuai aturan yang berlaku. Begitu pula kejujuran harus ditanamkan pada siswa agar perkatan yang diucapkan sesuai dengan tindakan yang dilakukan serta siswa menjadi manusia yang dapat dipercaya oleh orang lain. Pembelajaran Akidah Akhlak dapat mengantarkan siswa menuju kebribadian yang lebih baik, karena membahas tentang akidah islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter di MI Ulumiyah Kebonharjo. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter disiplin dan jujur siswa MI Ulumiyah Kebonharjo khususnya pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 17 siswa kelas V MI Ulumiyah Kebonharjo dan guru Akidah Akhlak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter disiplin dan jujur sudah terlaksana dan siswa mengalami peningkatan dalam kedisiplinan maupun kejujuran. Hal ini terlihat dari siswa yang telah terbentuk karakter kedisiplinan yaitu siswa mengumpulkan tugas tepat waktu, menjalankan piket kelas, memakai seragam sekolah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan memakai atribut yang lengkap. Sedangkan siswa yang telah terbentuk karakter jujur yaitu siswa mengakui kesalahan yang telah diperbuat, jika menemukan barang yang bukan miliknya maka diserahkan kepada gurunya, mengerjakan soal ulangan sendiri tanpa mencontek atau bertanya kepada teman. meskipun ada beberapa siswa yang perlu diarahkan lagi. Peran guru Akidah Akhlak sangat penting dalam pembentukan karakter disiplin dan jujur siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Akidah Akhlak, Karakter Disiplin, Karakter Jujur. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:51 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:51 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/510 |
Actions (login required)
View Item |