ANALISIS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS DARING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KOMUNIKATIF SISWA KELAS V MI TERPADU AL -ANWAR SARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Ulya, Hanifatul (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS DARING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KOMUNIKATIF SISWA KELAS V MI TERPADU AL -ANWAR SARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Daring siswa kelas V MI Terpadu Al-Anwar Sarang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak berbasis daring dalam pembentukan karakter religius dan komunikatif siswa kelas V MI Terpadu Al-Anwar Sarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mapel akidah akhlak berbasis daring kelas V, guru wali kelas V, dan wali murid kelas V MI Terpadu Al-Anwar Sarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil yang diperoleh berupa pelaksanan pembelajaran akidah akhlak berbasis daring siswa kelas V MI Terpadu Al-Anwar Sarang sudah dapat dikatakan baik dikarenakkan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 15 Tahun 2020 pada Masa Darurat Covid-19 terkait ketentuan pelaksanaan proses belajar dari rumah. Pelaksanan pembelajaran akidah akhlak sudah dapat membentuk karakter religius siswa kelas V. Akan tetapi pada pelaksanan pembelajaran akidah akhlak berbasis daring dalam pembentukan komunikatif siswa kelas V masih kurang dapat membentuk karakter komunikatif siswa. Kendala-kendala pelaksanan pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius dan komunikatif siswa kelas V bersal dari faktor eksternal dan internal siswa. Faktor eksternal berupa motivasi dan minat belajar siswa, sedangkan faktor eksternal berupa media massa, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat yang masih kurang mendukung pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Daring, Kendala-Kendala Pembentukan Karakter Religius dan Komunikatif, dan Siswa Kelas V
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:50
Last Modified: 20 Sep 2023 00:50
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item