PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA DI MASA PANDEMI PADA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN GUNEM

Iklimah, Dwi Siti Nur (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA DI MASA PANDEMI PADA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN GUNEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (937kB)

Abstract

Pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 memiliki banyak problem pembelajaran, sehingga pandemi mengubah semual hal termasuk pendidikan dan pembelajaran yang semula luring menjadi daring. Pembelajaran di sekolah dasar mengakibatkan siswa dan guru untuk menguasai sarana dan prasarananya. Pandemi mengakibatkan banyak problem terutama dalam pembelajaran sekolah dasar yang belum menguasai pembelajaran online. Pembelajaran daring merupakan solusi yang dilakukan dalam pembelajaran meskipun belum begitu maksimal. Pembelajaran daring mengakibatkan banyak peran baik dari guru, orangtua untuk fokus terhadap proses pembelajaran daring dan meningkatkan kualitas terbaik dalam mengatasi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika-problematika pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah pada masa pandemi. Jenis penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode survey. Wujud data ini adalah problematika pembelajaran daring pada siswa kelas V dimasa pandemi. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V, dan orangtua wali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: yaitu, 1) proses pelaksanaan pembelajaran daring pada siswa kelas V berjalan dengan baik melalui online dengan media aplikasi WhatsApp: 2) pembelajaran daring sejauh ini mengalami banyak permasalahan-permasalahan seperti; pertama, banyak siswa yang memiliki tingkat pemahaman yang berbeda saat proses pembelajaran, jadi guru harus sangat jeli dalam memahami tingkat kefahaman siswa, kedua, kerjasama antara orangtua dan siswa sangat kurang, ketiga, kurangnya pengalaman guru dalam penggunaan android, sehingga mengakibatkan siswa kurang memahami materi selama pembelajaran yang diberikan

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran Daring Pada Siswa, dan Masa Pandemi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:51
Last Modified: 20 Sep 2023 00:51
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item