Zhumruda, Alfi (2021) POLA ASUH ORANG TUA NELAYAN DI ERA NEW NORMAL TERHADAP KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI KELAS VI MI DARUNNAJAH KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena kemandirian serta kedisiplinan kelas VI MI Darunnajah pada era new normal yaitu rata-rata siswa merupakan anak seorang nelayan. Kebanyakan orang tua siswa sibuk bekerja berhari-hari, pada era new normal orang tua justru menjadi peran penting dalam pengasuhan. Akibatnya, di era new normal kemandirian serta kedisiplinan siswa berubah dari seperti biasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua nelayan di era new normal terhadap karakter disiplin dan mandiri kelas VI MI Darunnajah Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek utama penelitian ini adalah orang tua nelayan. Subjek pendukungnya adalah siswa kelas VI MI Darunnajah, serta objeknya adalah karakter disiplin dan mandiri siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara (semi-struktur), dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua nelayan di era new normal terhadap karakter disiplin dan mandiri kelas VI MI Darunnajah Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang bahwa. Pertama, Orang tua nelayan dalam menanamkan karakter disiplin menggunakan pola asuh otoriter dan demokratis di era new normal saat ini. Kedua, orang tua nelayan juga menggunakan pola asuh demokratis dan otoriter untuk menanamkan karakter mandiri menggunakan pola asuh otoriter dan demokratis di era new normal saat ini. Ketiga, ada beberapa faktor pendorong maupun penghambat dalam pembentukan karakter disiplin dan mandiri anak. Faktor tersebut adalah, lingkungan pendidikan, suasana psikologis dalam keluarga, sosio-budaya dalam keluarga, dan kontrol orang tua pada anak-anaknya. Keberhasilan faktor-faktor tersebut dipengaruhi oleh perhatian orang tua.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola asuh orang tua nelayan, Karakter mandiri, Karakter disiplin, Siswa kelas VI |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:50 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:50 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/497 |
Actions (login required)
View Item |