PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MENGHARGAI SESAMA DAN MANDIRI SISWA KELAS V SD IT AVICENNA LASEM

Rahayunida, Rahayunida (2023) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MENGHARGAI SESAMA DAN MANDIRI SISWA KELAS V SD IT AVICENNA LASEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (694kB)

Abstract

Siswa kelas V SD IT Avicenna Lasem belum memenuhi standar karakter menghargai sesama dan mandiri pada Kompetensi Dasar 1.1 dan 1.2 dalam Pembelajaran PPKn, sedangkan pembentukan karakter adalah tugas guru sebagai pendidik dan pengajar untuk membentukya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana peran guru terhadap pembentukan karakter menghargai sesama dan mandiri siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik penelitian ini dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan uji kreadibilitas melalui triangulansi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai pendidik dan pengajar dengan bukti guru memenuhi kriteria sebagai pendidik dan pengajar yakni guru berwibawa dalam proses pembelajaran, guru menjadi suri tauladan siswa, guru bersikap dewasa, guru memiliki komitmen reformasi, guru memiliki hubungan baik dengan murid, guru mampu memotivasi belajar siswa, guru sebagai motivator, emansipator, dan guru sebagai evaluator. Guru sebagai pengajar yaitu guru berperan dalam proses pembelajaran sebagai guru menjadi pengajar yang baik, guru memiliki pengetahuan, guru mampu mengelola pembelajaran, guru memiliki kecakapan guru merencanakan pembelajaran dan guru kreaif dalam proses pembelajaran. Peran guru tersebut dapat membentuk karakter menghargai sesama dan mandiri siswa dalam Pembelajaran PPKn siswa kelas V SD IT Avicenna Lasem.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembelajaran PPKn, Karakter Menghargai Sesama, Karakter Mandiri, Siswa Kelas V
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:50
Last Modified: 20 Sep 2023 00:50
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item