Aini, Shofwatul (2022) PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI SISWA KELAS IV MI SALAFIYAH MARGOMULYO KEREK TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (600kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (586kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (670kB) |
Abstract
Melihat kurangnya kesadaran dan kepekaan anak atas kemandiriannya, juga kurangnya sikap kereligiusan anak dalam dirinya, misalnya masih ada yang membuang sampah sembarangan di sekolah padahal sudah ada himbauan, anak lebih suka bermain game online daripada bermain dengan temannya. Pendidikan karakter harus dibentuk dengan peran seorang guru di sekolah melalui pembelajaran yang mengarahkan ke pendidikan akhlak yaitu pembelajaran akidah akhlak yang tujuannya menekankan penanaman moral yang perlu dijadikan pengalaman hidup sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru pada pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius dan mandiri siswa IV MI Salafiyah Margomulyo Kerek Tuban. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen kunci adalah peneliti dan informan (kepala sekolah dan guru Akidah Akhlak), dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Data analisis dengan cara mereduksi data, merangkum, menyajikan data yang pokok, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pada pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius dan mandiri siswa kelas IV MI Salafiyah yang sudah diterapkan, meliputi peran guru sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, motivator, administrator, teladan, evaluator dan inspirator. Pembentukan karakter religius dan mandiri siswa kelas IV MI Salafiyah terbukti perkembangan sikap religius dan mandirinya dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan di sekolah baik di dalam maupun di luar kelas dengan kesadaran dan tanggung jawabnya sendiri.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Pembelajaran Akidah Akhlak, Karakter religius dan mandiri siswa. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:49 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:49 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/487 |
Actions (login required)
View Item |