ANALISIS VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (STUDI KASUS MANAJEMEN KELAS II DAN III DI SD IT AVICENNA)

Azizah, Siti Nur (2022) ANALISIS VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (STUDI KASUS MANAJEMEN KELAS II DAN III DI SD IT AVICENNA). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (670kB)

Abstract

Kesuksesan dalam proses pembelajaran disekolah tidak terlepas dari pentingnya peranan gaya mengajar guru yang diimplementasikan kepada siswanya. Begitu juga dengan variasi gaya mengajar yang diterapkan oleh guru di SD IT Avicenna berupa variasi suara, variasi gerakan badan dan mimik wajah, pemusatan perhatian siswa, kesenyapan dan kebisuan guru, kontak penglihatan dan gerak, pergantian posisi guru Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis variasi gaya mengajar guru dalam pembelajaran tematik pada kelas II dan III di SD IT Avicenna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di kelas II A dan III B variasi gaya mengajar guru yang sudah diterapkan mencakup variasi suara pada saat proses pembelajaran berlangsung guru menyampaikan materi dengan suara jelas. Hal tersebut juga diikuti dengan gerakan badan dan mimik wajah. Adapun pemusatan perhatian siswa dengan memberikan penekanan agar siswa kembali fokus pada materi yang dijelaskan oleh guru. Kesenyapan dan kebisuan guru dengan memberi jeda atau waktu untuk siswa baik untuk memahami materi pembelajaran atau berpikir dalam mengerjakan soal-soal yang sudah diberikan guru. Kontak penglihatan dan gerak guru tidak hanya melihat ke papan tulis ataupun langit-langit kelas juga harus menyeluruh ke semua siswa. Pergantian posisi guru dapat dilihat saat proses pembelajaran, guru tidak hanya duduk namun juga mengganti posisi dengan berdiri di depan kelas sambil menjelaskan materi dengan dikombinasikan gerakan badan

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, SD IT Avicenna dan Variasi gaya mengajar guru.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:49
Last Modified: 20 Sep 2023 00:49
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item