Umamah,, Siti (2022) IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DAN SEMANGAT KEBANGSAAN MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA PESERTA DIDIK KELAS V MI HIDAYATUL MUSLIMIN KUMBO. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (681kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (501kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi pembelajaran bahasa Jawa dalam membentuk karakter cinta tanah air pada siswa kelas V di MI Hidayatul Muslimin Kumbo. (2) mengetahui implementasi pembelajaran bahasa Jawa dalam membentuk karakter semangat kebangsaan pada siswa kelas V di MI Hidayatul Muslimin Kumbo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan lapangan. Dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan mengggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembentukan karakter cinta tanah air dan semangat kebangsaan melalui bahasa Jawa terlihat dari, (1) Implementasi pembentukan karakter cinta tanah air: guru menyusun RPP sesuai dengan tema materi, wajib menggunakan bahasa Jawa krama selama pembelajaran bahasa Jawa berlangsung, kegiatan menulis sepuluh kosa-kata baru yang belum diketahui maknanya, dan mengaplikasian metode ceramah dan cerita pada teks cerita wayang “Srikandhi Madeg Senapati”. (2) Implementasi pembentukan karakter semangat kebangsaan: guru menyusun RPP sesuai dengan tema materi, mengaplikasikan metode ceramah, cerita, dan diskusi pada materi teks cerita wayang “Srikandhi Madeg Senopati”, melakukan pembiasaan-pembiasaan positif. Adapun hambatan yang dialami yakni minimnya pembendaharaan kosa-kata bahasa Jawa krama, peserta didik lebih menggemari budaya luar.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cinta Tanah Air dan Semangat Kebangsaan, Bahasa Jawa, Peserta didik |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:49 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:49 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/482 |
Actions (login required)
View Item |