Istifa, Siti Ummul (2022) PROBLEMATIKA KEMAMPUAN LITERASI SISWA (STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN BATURNO SARANG). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (883kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (871kB) |
Abstract
Adanya rendahnya kemampuan literasi dasar (literasi membaca, menulis, dan menyimak) pada siswa kelas V SDN Baturno Sarang. Melihat siswa sudah berada di kelas atas yang belum bisa mengusai membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis kemampuan literasi siswa kelas V SDN Baturno Sarang. 2) mengetahui problematika kemampuan literasi kelas V SDN Baturno Sarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskreptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SDN Baturno Sarang. Informan kunci adalah peneliti dan informan (kepala sekolah dan guru kelas V), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data analisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendanya kemampuan literasi siswa kelas V SDN Baturno Sarang, ada 2 siswa dari 17 siswa, ada yang masih sangat kesulitan dalam literasi membaca dan menulis, problematika-problematika rendahnya kemampuan literasi yang dialami siswa diantaranya yaitu belum bisa memahami bacaan dengan baik, kurang lancar dalam membaca, belum bisa menuliskan huruf A sampai Z dengan urut dan benar, kesulitan dalam membedakan huruf, tidak memperhatikan tanda baca.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adanya rendahnya kemampuan literasi dasar (literasi membaca, menulis, dan menyimak) pada siswa kelas V SDN Baturno Sarang. Melihat siswa sudah berada di kelas atas yang belum bisa mengusai membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis kemampuan literasi siswa kelas V SDN Baturno Sarang. 2) mengetahui problematika kemampuan literasi kelas V SDN Baturno Sarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskreptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SDN Baturno Sarang. Informan kunci adalah peneliti dan informan (kepala sekolah dan guru kelas V), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data analisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendanya kemampuan literasi siswa kelas V SDN Baturno Sarang, ada 2 siswa dari 17 siswa, ada yang masih sangat kesulitan dalam literasi membaca dan menulis, problematika-problematika rendahnya kemampuan literasi yang dialami siswa diantaranya yaitu belum bisa memahami bacaan dengan baik, kurang lancar dalam membaca, belum bisa menuliskan huruf A sampai Z dengan urut dan benar, kesulitan dalam membedakan huruf, tidak memperhatikan tanda baca. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:49 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:49 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/481 |
Actions (login required)
View Item |