EVALUASI PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU DI MIN 1 REMBANG

Azizah, Yusfatu Dhorifatil (2022) EVALUASI PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU DI MIN 1 REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

Setiap guru mempunyai berbagai kompetensi yang berbeda dan beragam kreativitas. Dibalik keberagaman kompetensi guru tersebut guru mempunyai kendala-kendala yang dihadapi. Kondisi seperti inilah yang menjadi dasar perlunya seorang guru mendapatkan bimbingan dan arahan dari pimpinan/kepala sekolah yang berupa supervisi. Program supervisi tersebut dapat menjadi alat untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki guru, sehingga guru mengetahui kompetensi apa yang harus ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah terhadap kompetensi guru dan upaya�upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MIN 1 Rembang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari kepala sekolah, Guru kelas III, dan Guru kelas V MIN 1 Rembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi; observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisis yang digunakan adalah milik Miles dan Huberman berupa; reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah terhadap kompetensi guru di MIN 1 Rembang dilakukan dengan dua teknik; pertama teknik individual dengan cara kepala sekolah mengunjungi kelas, dan pecakapan pribadi antar kepala sekolah dan guru. Kedua teknik kelompok dengan cara melakukan diskusi di forum KKG. Upaya-upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu dengan melakukan pembinaan antara lain; KKG, PKG, Lesson Study, dan PTK.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Pembelajaran, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:49
Last Modified: 20 Sep 2023 00:49
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item