KOMPETENSI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MI NEGERI 1 REMBANG (KAJIAN MANAJEMEN SEKOLAH)

Shofyana, Ni’matus (2022) KOMPETENSI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MI NEGERI 1 REMBANG (KAJIAN MANAJEMEN SEKOLAH). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (568kB)

Abstract

Untuk mencapai tujuan dan fungsi pendidikan nasional, dibutuhkan sosok figur guru yang profesional, berkompetensi dan berdedikasi tinggi. Salah satu upaya dalam meningkatkan profesionalitas guru adalah melalui optimalisasi peran kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepala madrasah, faktor pendukung dan faktor penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MI Negeri 1 Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian berasal dari kepala madrasah, Waka Kurikulum dan guru kelas V MI Negeri 1 Rembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi; observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MI Negeri 1 Rembang dilaksanakan melalui serangkaian proses manajemen, yaitu; merencanakan program madrasah yang ingin dicapai, pengorganisasian komponen madrasah, memimpin bawahannya dan memberikan motivasi, dan pengawasan. Sementara untuk kompetensi supervisi, kepala melakukan perencanaan dan pelaksanaan program supervisi serta menindaklanjuti hasil supervisi melalui pembinaan dan program KKG. Faktor pendukung kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru terbagi menjadi dua yaitu; 1) faktor internal guru berupa kedisiplinan, sikap, motivasi, 2) faktor eksternal guru berupa sarana dan prasarana, program pendidikan, pelatihan dan manajemen sekolah. Melalui kegiatan manajerial dan supervisi kepala madrasah terdapat peningkatan kompetensi pedagogis yang dominan pada indikator penyelenggaraan pembelajaran yang kondusif dan kompetensi profesional pada indikator pengembangan materi secara kreatif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepala Madrasah, Profesionalitas Guru
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:48
Last Modified: 20 Sep 2023 00:48
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item