STRATEGI MENGAJAR GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN AL-QUR`AN HADIS SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH BANIN SENORI TUBAN

Ni‟mah, Rofiatun (2022) STRATEGI MENGAJAR GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN AL-QUR`AN HADIS SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH BANIN SENORI TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (684kB)

Abstract

Strategi pembelajaran memiliki peranan penting pada proses pembelajaran, salah satunya agar guru mampu menciptakan kegiatan pembelajaran secara optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Mengoptimalkan kegiatan pembelajaran guru perlu adanya pengelolaan kelas, karena peserta didik dari hari ke hari tingkah laku maupun perbuatannya selalu berubah-ubah. Guru harus mampu menjaga keadaan kelas agar tetap kondusif, untuk memelihara kondisi belajar yang optimal apabila terjadi gangguan di kelas selama proses belajar mengajar. Proses pembelajaran dikatakan sukses adalah guru yang mampu memberi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi mengajar guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran Al-Qur‟an Hadis siswa kelas IV di MI Islamiyah Banin Senori Tuban.Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, subjek data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis kelas IV, objek data dalam penelitian ini adalah strategi mengajar guru dalam pengelolaan kelas yang berkaitan dengan pembelajaran Al-Qur‟an Hadis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, sajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Al-Qur‟an Hadis sudah menggunakan strategi pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan, dan memiliki kemampuan mengelola kelas yang cukup baik. hanya saja guru masih belum mengunakan media pembelajaran yang bervariasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pengelolaan Kelas, Al-Qur‟an Hadis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:47
Last Modified: 20 Sep 2023 00:47
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item