Ekajayanti, Khadijah Indah (2022) ANALISIS PELAKSANAAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V MI AN NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
Abstract
Budaya sekolah merupakan pembiasaan yang diterapkan oleh sekolah dan dilaksanakan oleh semua warga sekolah. Setiap sekolah memiliki khas dan keunikan budaya yang berbeda dengan sekolah yg lain. Budaya sekolah juga memiliki peran yang sangat penting dalam kesuksesan sekolah. Selain itu pendidikan juga mempunyai fungsi yang sangat penting dalam mengembangkan pembentukan karakter peserta didik. Pembentukan karakter peserta didik dapat dimulai dari jenjang sekolah dasar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan budaya sekolah dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V MI An Nashriyah Lasem. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa kelas V MI An Nashriya Lasem. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan verification (penarikan kesimpulan). Pembentukan karakter disiplin siswa kelas V MI An Nashriyah Lasem diimplementasikan dalam budaya sekolah, hal tersebut tercermin dalam diri siswa seperti datang dan pulang sekolah tepat waktu, menggunakan seragam sekolah rapi dan sopan, menaati tata tertib, melaksanakan piket sesuai jadwal, dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Kemudian dalam pembentukan karakter tanggung jawab diimplementasikan pada budaya sekolah yang dapat dilihat dari kegiatan siswa seperti melaksanakan salat duha dan zuhur secara berjamaah dengan konsisten, menyetorkan hafalan-hafalan juz 30, menyisihkan uang untuk infak Jumat, membawa peralatan salat, membantu teman yang mengalami kesulitan, menjaga barang milik sendiri dan orang lain, aktif dalam kegiatan pembelajaran, menerapkan sikap sopan satun di sekolah, fokus dalam pembelajaran, dan menjaga kebersihan kelas.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya Sekolah, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 03:17 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 03:17 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/443 |
Actions (login required)
View Item |