Qholifah, Nurul (2020) ANALISIS PERAN SEKOLAH SERTA ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS IV MI ASH-SHOLATIYYAH LASEM TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (678kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (783kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (557kB) |
|
Text
lampiran lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Qholifah, Nurul. 2020. “Analisis Peran Sekolah Serta Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Religius dan Peduli Sosial pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI Ash-Sholatiyyah Lasem Tahun Ajaran 2019/2020” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan peran sekolah serta orang tua dalam mengembangkan karakter religius dan peduli sosial yang ingin penulis analisis pada materi pembelajaran aqidah akhlak kelas IV di MI Ash Sholatiyyah Lasem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran sekolah serta orang tua dalam mengembangkan karakter religius dan peduli sosial pada pembelajaran aqidah akhlak kelas IV di MI Ash Sholatiyyah Lasem Tahun Ajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen kunci adalah peneliti dan informan (kepala sekolah, guru aqidah akhlak, dan orang tua), dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi). Data analisis dengan cara mereduksi data, merangkum, memfokuskan pada hal-hal yang penting, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran sekolah serta orang tua berperan sekali dalam mengembangkan karakter religius dan karakter peduli sosial yaitu dapat ditemukan sebuah fakta bahwa siswa di MI Ash Sholatiyyah Lasem sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan indikator keberhasilan sekolah dan kelas dalam mengembangkan pendidikan karakter dan materi yang ada di dalam pembelajaran aqidah akhlak sudah bisa diterapkan pada diri siswa selain itu dari pihak orang tua juga sudah berusaha keras untuk mendidik siswa supaya memiliki karakter yang baik dan sesuai. Kata Kunci: Peran Sekolah, Peran Orang Tua, Karakter Religius, Karakter Peduli Sosial, Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Kelas IV.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Sekolah, Peran Orang Tua, Karakter Religius, Karakter Peduli Sosial, Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Kelas IV. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:14 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:14 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/442 |
Actions (login required)
View Item |